Minggu, 30 September 2012
Jumat, 28 September 2012
BAB 3
BAB 3
HASIL PENELITIAN
3.1 Hasil Pengumpulan Data
Data penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas I
SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya mengembangkan karangan narasi
berdasarkan teks wawancara. Penilaian terhadap data penelitian ini meliputi
aspek substansi dan aspek kebahasaan. Skor aspek substansi adalah 60 yang
terdiri atas skor susunan kronologis 30 dan skor kesesuaian isi narasi dengan
teks wawancara 30. Adapun skor untuk aspek kebahasaan adalah 40 yang terdiri
atas ejaan 10, diksi 10, kalimat efektif 10, dan paragraf 10.
Data penelitian disajikan atau
diklasifikasikan dalam tabel. Adapun nilai-nilai yang diperoleh siswa dari
hasil tes kemampuan mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara
adalah sebagai berikut.
TABEL 7
DATA
KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KARANGAN NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA
No.
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
||||||
Substansi
|
Kebahasaan
|
Jumlah
|
||||||
Kronologis
|
Kesesuaian
|
Ejaan
|
Diksi
|
Kalimat efektif
|
Paragraf
|
|||
1.
|
Wahya Alfari
|
10
|
20
|
7
|
5
|
3
|
3
|
48
|
2.
|
Zainal
|
10
|
20
|
5
|
4
|
3
|
3
|
45
|
3.
|
Alam Syah
|
9
|
12
|
4
|
3
|
3
|
2
|
33
|
4.
|
Fadlul ramadhan
|
25
|
25
|
8
|
7
|
5
|
5
|
75
|
5.
|
Syarifah Siti
Khatijah
|
26
|
25
|
7
|
7
|
5
|
4
|
74
|
6.
|
Cut Maladewi
|
6
|
8
|
4
|
3
|
3
|
2
|
26
|
7.
|
Zahrul Aini
|
7
|
10
|
5
|
3
|
3
|
3
|
31
|
8.
|
Suriani
|
5
|
7
|
5
|
3
|
3
|
3
|
26
|
9.
|
Jehan Larasati
|
20
|
18
|
7
|
5
|
4
|
3
|
57
|
10.
|
M. Jamal
|
7
|
6
|
3
|
3
|
3
|
3
|
25
|
11.
|
Rahmad Radali
|
8
|
12
|
5
|
3
|
4
|
3
|
35
|
12.
|
Teuku Hamzah
|
4
|
5
|
6
|
3
|
3
|
2
|
23
|
13.
|
Putri Andriani
|
18
|
20
|
8
|
7
|
6
|
4
|
63
|
14.
|
Ririn Sandari
|
26
|
27
|
8
|
8
|
7
|
5
|
81
|
15.
|
Munawar
|
18
|
17
|
7
|
6
|
5
|
4
|
57
|
16.
|
Riko
|
7
|
7
|
5
|
4
|
3
|
2
|
28
|
17.
|
Khalis Auli
|
12
|
8
|
6
|
5
|
3
|
3
|
37
|
18.
|
Mailizatur Rahmi
|
23
|
21
|
8
|
6
|
5
|
4
|
67
|
19.
|
Suhardini
|
8
|
15
|
6
|
3
|
3
|
3
|
38
|
20.
|
Sari Rahma Hayati
|
7
|
10
|
3
|
4
|
2
|
3
|
29
|
21.
|
Sri Kuswanti
|
7
|
6
|
4
|
4
|
3
|
2
|
26
|
22.
|
Said Munasar
|
9
|
13
|
4
|
4
|
3
|
3
|
36
|
23.
|
Mahmuddin. A
|
4
|
12
|
4
|
4
|
3
|
3
|
30
|
24.
|
Chairatul Ulya
|
15
|
18
|
7
|
5
|
5
|
4
|
54
|
25.
|
Ade Supardi
|
13
|
19
|
6
|
4
|
4
|
4
|
50
|
26.
|
Yulia Siska
|
10
|
8
|
7
|
5
|
4
|
3
|
37
|
27.
|
Rosmanidar
|
24
|
25
|
8
|
8
|
7
|
5
|
77
|
28.
|
Ahmad Dailami
|
13
|
20
|
7
|
8
|
6
|
5
|
59
|
29.
|
Desliani
|
10
|
15
|
4
|
4
|
3
|
3
|
39
|
30.
|
Ait Safriana
|
7
|
8
|
3
|
3
|
2
|
2
|
25
|
31.
|
Rizki Adlian
|
6
|
5
|
2
|
3
|
2
|
2
|
20
|
32.
|
Andia Darmawi
|
6
|
8
|
2
|
3
|
3
|
2
|
24
|
33.
|
Ridki Rahmat
|
8
|
14
|
4
|
4
|
3
|
3
|
36
|
34.
|
Desi Marlina
|
9
|
15
|
5
|
4
|
3
|
3
|
39
|
35.
|
Desi Santi Riana
|
20
|
25
|
6
|
5
|
5
|
4
|
65
|
36.
|
Rina Wati
|
21
|
24
|
6
|
5
|
4
|
4
|
64
|
37.
|
Ronal Sutiawan
|
10
|
15
|
5
|
4
|
3
|
3
|
40
|
38.
|
Maizatul Marvirah
|
13
|
18
|
6
|
5
|
4
|
3
|
49
|
39.
|
Aswatul Ulfa
|
8
|
17
|
3
|
4
|
3
|
2
|
37
|
40.
|
Zian Rahma
|
14
|
19
|
6
|
8
|
5
|
3
|
55
|
41.
|
Lilil Amri
|
7
|
12
|
3
|
3
|
3
|
3
|
31
|
42.
|
Yuyun Marlina
|
23
|
24
|
6
|
5
|
4
|
4
|
66
|
43.
|
Sani Yufriami
|
24
|
25
|
7
|
7
|
6
|
4
|
73
|
44.
|
Marzalena
|
25
|
26
|
7
|
7
|
6
|
5
|
76
|
45.
|
Deni Irsan
|
7
|
8
|
3
|
2
|
2
|
2
|
24
|
46.
|
Novia Riani
|
19
|
23
|
6
|
5
|
4
|
4
|
61
|
47.
|
Rahmad Sauhari
|
12
|
11
|
3
|
2
|
2
|
2
|
32
|
48.
|
Noviana
|
20
|
22
|
4
|
3
|
4
|
3
|
56
|
Jumlah
|
620
|
748
|
255
|
220
|
182
|
154
|
2179
|
3.2 Pengolahan dan Penganalisisan Data
Data penelitian ini diolah dengan mengunakan teknik
stastistik. Pengolahan data yang berupa nilai mentah kemampuan siswa kelas I
SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya dalam mengembangkan karangan
narasi berdasarkan teks wawancara dilakukan dengan menyusun tabel
distribusi frekuensi dan menghitung nilai rata-rata (mean).
Pengolahan data tersebut dilakukan sebagai berikut.
3.2.1 Menyusun Tabel
Distribusi Frekuensi
Berdasarkan data nilai kemampuan siswa kelas I SMPN
1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya mengembangkan karangan narasi berdasarkan
teks wawancara, apabila dilihat persentase siswa dalam sebaran nilai
klasifikasi Depdiknas (2004) adalah sebagai berikut.
TABEL 8
DISTRIBUSI FREKUENSI
KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN KARANGAN NARASI BERDASARKAN TEKS WAWANCARA
OLEH SISWA KELAS I SMPN 1 KECAMATAN SEUNAGAN
KABUPATEN NAGAN RAYA
No.
|
Nilai
|
Frekuensi
|
Persentase
|
|
Kualitatif
|
Kuantitatif
|
|||
1.
|
sangat baik
|
85-100
|
0
|
0%
|
2.
|
baik
|
70-84
|
6
|
12,5%
|
3.
|
cukup
|
55-69
|
10
|
20, 8%
|
4.
|
kurang
|
40-55
|
7
|
14,6%
|
5
|
sangat kurang
|
≤ 39
|
25
|
52,1%
|
Jumlah
|
48 (100%)
|
100%
|
3.2.2 Menentukan Nilai
Rata-Rata (Mean)
Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas I SMPN 1
Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya mengembangkan karangan narasi
berdasarkan teks wawancara adalah sebagai berikut.
Jadi, kemampuan rata-rata siswa kelas I
SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya mengembangkan karangan narasi
berdasarkan teks wawancara adalah 45,39 dan dibulatkan menjadi 45. Apabila
nilai rata-rata ini dimasukkan ke dalam klasifikasi nilai mengembangkan
karangan narasi berdasarkan teks wawancara, nilai rata-rata (mean) tersebut
termasuk kategori kurang. Dengan kata
lain, mereka belum mampu mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks
wawancara.
Gambaran di atas merupakan
kemampuan mereka secara umum. Adapun gambaran kemampuan secara khusus atau
berdasarkan aspek penilaian tertentu adalah sebagai berikut.
3.3 Gambaran Kemampuan Siswa
Secara Khusus
(7b) Pak Karim berjualan bakso untuk mempertahankan kehidupan
Kemampuan siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan
Kabupaten Nagan Raya mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara
dapat dianalisis secara khusus. Secara khusus kemampuan itu diklasifikasikan
atas aspek susbtansi dan aspek kebahasaan. Aspek susbtansi terdiri atas
kemampuan menyusun kronologis dan kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks
wawancara. Sedangkan aspek kebahasaan meliputi kemampuan menggunakan ejaan,
diksi, kalimat efektif, dan paragraf. Untuk mengetahui persentase rata-rata
pada setiap aspek penilaian, setiap nilai rata-rata aspek tersebut dibagikan
dengan skor maksimal lalu dikalikan dengan seratus.
3.3.1 Kemampuan Menyusun
Kronologis
Kemampuan siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan
Kabupaten Nagan Raya menggunakan susunan kronologis dalam karangan narasi
berdasarkan teks wawancara merupakan aspek utama dalam penilaian karangan
siswa. Kemampuan ini dinilai melalui urutan gagasan yang dikembangkan dengan
mengunakan urutan kronologis atau urutan waktu. Hubungan yang menyatakan waktu
tersebut ditandai dengan penggunaan kata penghubung, seperti waktu,
sewaktu, ketika, tatkala, tenggah, sedang, tiap kali, sebelum, setelah,
sesudah, sehabis, sejak, semenjak, selagi, semasa, sementara, selama, setiap,
setiap kali, sehingga, dan sampai.
Adapun skor untuk aspek ini
adalah 30. Skor maksimal yang diperoleh mereka adalah 26 dan skor minimal 4.
Berdasarkan tabel 7, nilai rata-rata kemampuan siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan
Seunagan Kabupaten Nagan Raya dalam mengembangkan karangan narasi berdasarkan
teks wawancara pada aspek menyusun kronologis adalah sebagai berikut.
Skor rata-rata aspek kemampuan
menggunakan susunan kronologis adalah 12,91 dan dibulatkan menjadi 13. Skor ini
terlihat belum memenuhi harapan karena skor maksimal yang diharapkan pada aspek
ini adalah 30. Untuk mengetahui skor atau nilai rata-rata yang diperoleh siswa
kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya tentang
kemampuan menyusun kronologis termasuk dalam kategori mana, nilai rata-rata
tersebut diklasifikasian berdasarkan klasifikasi nilai Depdiknas. Oleh karena
itu, nilai rata-rata ini (13) dibagikan dengan skor maksimal (30) lalu dikalikan
dengan seratus (100). Jadi, nilai rata-rata tersebut adalah 43.
Berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas, skor 43 termasuk dalam ketegori kurang. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mereka dalam menyusun kronologis tergolong dalam
kategori kurang.
3.3.2 Kemampuan Menyesuaikan Isi Narasi dengan Teks
Wawancara
Selain kemampuan menyusun
kronologis, kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara
juga merupakan aspek penilaian dari segi subsatansi. Penilaian ini juga
dinyatakan dalam bentuk skor. Skor maksimal yang diperoleh mereka adalah 27 dan
skor minimalnya 5. Berdasarkan tabel 7, diketahui bahwa jumlah skor nilai pada
aspek ini adalah 756. Untuk mengetahui nilai rata-rata pada aspek ini, jumlah
skor rata-rata tersebut dibagikan dengan jumlah siswa.
Jadi, skor rata-rata aspek ini
adalah 16. Skor ini belum memenuhi harapan karena skor maksimal yang diharapkan
pada aspek ini adalah 30. Untuk mengetahui skor atau nilai rata-rata yang
diperoleh siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan
Raya tentang kemampuan menyesuaikan isi narasi dengan teks wawancara
termasuk dalam kategori mana, nilai rata-rata tersebut diklasifikasian
berdasarkan klasifikasi nilai Depdiknas. Oleh karena itu, nilai rata-rata ini
(16) dibagikan dengan skor maksimal (30) lalu dikalikan dengan seratus (100).
Jadi, nilai rata-rata tersebut adalah 53.
Berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas, skor 53 termasuk dalam ketegori kurang. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mereka dalam menyesuaikan isi narasi dengan teks
wawancara tergolong dalam kategori kurang.
3.3.3 Kemampuan Menggunakan Bahasa
Analisis data ini dilakukan dengan identifikasi
kesalahan-kesalahan menggunakan bahasa. Setelah diidentifikasi,
kesalahan-kesalahan berbahasa tersebut diklasifikasikan ke dalam
kelompok-kelompok tertentu sehingga akan terlihat kesalahan-kesalahan berbahasa
yang sering dilakukan oleh siswa. Kemampuan menggunakan bahasa dalam karangan
siswa dianalisis meliputi kemampuan menggunakan ejaan, diksi, kalimat efektif,
dan paragraf. Adapun prosedur pengolahan data dan gambaran mengenai
kesalahan-kesalahan tersebut adalah sebagai berikut ini.
3.3.3.1 Kemampuan Menggunakan Ejaan
Kemampuan menggunakan ejaan dinyatakan dalam bentuk
skor. Adapun skor untuk aspek ini adalah 10. Skor maksimal yang diperoleh
mereka adalah 8 dan skor minimal 4. Nilai rata-rata kemampuan siswa kelas I
SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya menggunakan ejaan
dalam mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks wawancara adalah sebagai
berikut.
Jadi, skor rata-rata aspek ini
adalah 5,31 dan dibulatkan menjadi 5. Skor ini terlihat belum
memenuhi harapan karena skor maksimal yang diharapkan pada aspek ini adalah 10.
Untuk mengetahui skor atau nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas I SMPN 1
Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya tentang kemampuan
menggunakan ejaan termasuk dalam kategori mana, nilai rata-rata tersebut
diklasifikasikan berdasarkan klasifikasi nilai Depdiknas. Oleh karena itu,
nilai rata-rata ini (5) dibagikan dengan skor maksimal (10) lalu dikalikan
dengan seratus (100). Jadi, nilai rata-rata tersebut adalah 50.
Berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas, skor 50 termasuk dalam ketegori kurang. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mereka dalam menggunakan ejaan dengan tepat
tergolong dalam kategori kurang.
Adapun kesalahan penggunaan ejaan yang
ditemukan pada karangan siswa cukup beragam. Ketidaktepatan menggunaan ejaan
tersebut meliputi (1) pemakaian huruf, (2) penulisan huruf, (3)
penulisan kata, dan (4) pemakaian tanda baca. Adapun kesalahan yang sering
dilakukan mereka adalah penggunaan tanda baca. Berikut ini akan disajikan
beberapa contoh kesalahan penggunaan ejaan tersebut.
(1) Kadang -
kadang mereka juga membantu orang tuanya.
(2) Bapak terus
menerus bekerja.
(3) Kadang **
pembeli Pak Karim cukup banyak.
(4) ... anak
tersebut bernama adi dan bapak penjual bakso.
(5) Waktu
itu pak karim tidak memiliki perkerjaan.
(6) Dia Menanyakan tentang
Pak Karim Menjual bakso.
(7) ”Anak Bapak
berapa orang dan sekolah dimana?”
(8) ....agar
keuntunganpun bertambah besar.
(9) ” Bapak
senang di wawancarai.”
(10) Bertanya apa
!
Berdasarkan contoh-contoh di
atas, terbukti bahwa kesalahan pengunaan ejaan yang dilakukan siswa sangat
beragam. Kesalahan pada kalimat (1) adalah tanda hubung diikuti spasi pada
bentuk pengulangan kadang-kadang. Tanda hubung dingunakan
untuk merangkai kata ulang. Dalam pedoman ejaan, kata ulang harus dituliskan
dengan dirangkaikan tanda hubung. Kesalahan kalimat (2) tidaka ada tanda
hubung pada bentuk reduplikasi terus menerus. Selain
itu, penggunaan angka dua atau bentuk (**) pada bentuk reduplikasi kalimat (3)
juga tidak dibenarkan.
Kata adi, bapak pada
kalimat (4), dan pak karim pada kalimat (5) merupakan nama
orang dan kata penujuk kekerabatan. Bentuk tersebut ditulis dengan huruf awal
kapital karena unsur-unsur nama orang dan kata penujuk kekerabatan
seperti bapak, ibu saudara, kakak, adik, paman yang dipakai
dalam penyapaan dan pengacuan ditulis dengan huruf kapital dipakai sebagai
huruf pertamanya. Selain itu, pada kalimat (6) kata Menanyakan dan Menjual seharusnya
tidak ditulis denga huruf kapital.
Karena di, ke, sering kita
temukan serangkai, hal itu tentu melanggar kaidah ejaan. Kata dipada bentuk dimana pada
kalimat (7) harus ditulis terpisah dari kata yang mengiringinya
karena merupakan kata depan (preposisi). Biasanya bentuk di sebagai
kata depan ini berfungsi menyatakan arah atau tempat dan merupakan
jawaban di mana.
Partikel pun pada
kalimat (8) ditulis terpisah dari kata yang mendahuluinya. Kemudian, bentukdi
wawancarai pada kalimat (9) merupakan afiksasi. Afiks di-
yang berfungsi sebagai awalan membentuk kata kerja pasif harus dituliskan
serangkai dengan kata yang mengikutinya. Oleh karena itu, penulisan betuk tersebut
tidak dipisahkan dari bentuk dasarnya.
Kalimat (10) merupakan kalimat
tanya (introgatif). Seharusnya, bentuk apa ! tidak ditulis
dengan menggunakan tanda seru (!), melainkan dengan tanda tanya (?). Selain
kesalahan tersebut, penulisan tanda baca pun pada kalimat yang sama seharusnya
juga tidak dipisahkan dengan kata yang mengikutinya karena bentuk tersebut
harus ditulis serangkai dengan kata yang mengikutinya. Jadi, kalimat tersebut
baru benar bila diubah, seperti berikut.
(1a
) Kadang-kadang mereka juga membantu
orang tuanya.
(2a) Bapak terus-menerus bekerja.
(3a) Kadang-kadang pembeli
Pak Karim cukup banyak.
(4a)
... anak tersebut bernama Adi dan Bapak penjual
bakso.
(5a) Waktu
itu Pak Karim tidak memiliki perkerjaan.
(6a)
Dia menanyakan tentang Pak Karim menjual bakso.
(7a)
”Anak Bapak berapa orang dan sekolah di mana?”
(8a) ....agar
keuntungan pun bertambah besar.
(9a) “Bapak
senang diwawancarai.”
(10a) Bertanya apa?
3.3.3.2 Kemampuan Menggunakan Diksi
Kemampuan menggunakan diksi merupakan salah satu
subaspek penilaian pada aspek penggunaan kebahasaan dalam karangan siswa.
Adapun skor maksimal yang diperoleh mereka adalah 8 dan skor minimalnya
2. Jumlah skor seluruhnya pada aspek ini adalah 220. Untuk
mengetahui nilai rata-rata, jumlah skor tersebut dibagikan dengan jumlah
sampel, seperti berikut.
Jadi, skor rata-rata kemampuan
menggunakan diksi adalah 4,58 dan dibulatkan menjadi 5. Skor ini terlihat belum
memenuhi harapan karena skor maksimal yang diharapkan pada aspek ini adalah 10. Untuk
mengetahui
skor atau nilai rata-rata yang
diperoleh siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan
Raya tentang kemampuan menggunakan diksi termasuk ke dalam kategori
mana, nilai rata-rata tersebut diklasifikasikan berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas. Oleh karena itu, nilai rata-rata ini (5) dibagikan dengan skor
maksimalnya (10) lalu dikalikan dengan seratus (100). Jadi, nilai rata-rata
tersebut adalah 50.
Berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas, skor 50 termasuk dalam ketegori kurang. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mereka dalam menggunakan diksi tergolong dalam
kategori kurang.
Berdasarkan uraian di atas, penelitian ini memberi
gambaran yang jelas bahwa para siswa banyak
melakukan kesalahan
dalam pemilihan kata (diksi). Kesalahan yang mereka lakukan seperti penggunaa
bentuk superlatif, penggunaa kata yang mempunyai kemiripan makna atau fungsi secara
berganda (poliesemi), dan penggunaan makna kesalingan secara berganda
(resoprikal).
Beberapa kata yang kesalahan
pemakaiannya cukup sering dilakukan adalah penggunaan kata-kata yang mirip
secara berganda. Berikut ini adalah beberapa contoh kesalahan yang dilakukan
siswa dalam memilih kata (diksi).
1) Bentuk superlatif
(1) Nama anak Pak Karim sangat bagus sekali....
(2) Anak Pak Karim termasuk anak yang sangat padai sekali.
Kalimat (1) salah
karena kalimat tersebut merupakan bentuk superlatif. Bentuk superlatif
merupakan bentuk yang mengandung arti ‘paling’ dalam suatu perbandingan. Bentuk
tersebut dapat dihasilkan dengan suatu kata sifat ditambah kata-kata amat
sangat, paling, sekali, atau imbuhan ter_ yang mengandung
arti ’paling’. Jika kedua kata ini dingunakan sekaligus dalam suatu kalimat,
terjadilah sebuah bentuk superlatif yang berlebihan. Jadi, kalimat tersebut
baru benar bila diubah, seperti berikut.
(1a) Nama anak Pak Karim bagus
sekali....
(1.b) Nama anak Pak Karim bagus cantik....
(2a) Anak Pak Karim termasuk anak yang padai sekali.
(2a) Anak Pak Karim termasuk anak yang sangat padai.
(2) Penggunaa kata yang mempunyai kemiripan makna atau
fungsi secara
berganda
(poliesemi)
(2) Lalu Adi
bertaya kemudian, di mana Pak Karim membeli bahan-bahan yang
diperlukan untuk membuat bakso tersebut.
(3) Adi pun bertanya lagi....
(4) Anak
itu langsung memulai mewawancaranya.
(5) Mereka berbicara sejak mulai siang.
(6) Pak Karim berjualan bakso hanya untuk mempertahankan
kehidupan keluarganya saja.
(7) Banyak orang-orang membeli bakso di
tempat Pak Karim.
Kesalahan kalimat (2), (3),
(4), (5) (6), dan (7) adalah terdapat bentuk pleonasme, yaitu
kata-kata atau frasa yang berlebihan/berganda maknanya. Bentuk ini bila dihilangkan
salah satu unsurnya, maknanya tetap utuh. Kalimat- kalimat tersebut baru benar
bila diubah, seperti berikut.
(3a) Lalu, Adi bertaya, “Di mana Pak
Karim membeli bahan-bahan
yang diperlukan
untuk membuat bakso tersebut.”
(3b) Kemudian, Adi
bertaya, “Di mana Pak Karim membeli bahan-bahan
yang diperlukan untuk membuat bakso tersebut.”
(4a) Adi pun bertanya....
(4b) Adi bertanya lagi....
(5a) Anak itu memulai mewawancaranya.
(5b) Anak itu langsung mewawancaranya.
(6a) Mereka berbicara mulai
siang...
(6b) Mereka berbicara sejak siang...
(7a) Pak Karim berjualan bakso hanya untuk
mempertahankan
kehidupan keluarganya.
(7b) Pak Karim berjualan bakso untuk mempertahankan kehidupan
keluarganya saja.
(8a) Banyak orang membeli bakso di tampat Pak Karim.
(8b) Orang-orang membeli bakso di tampat Pak Karim.
(8a) Banyak orang membeli bakso di tampat Pak Karim.
(8b) Orang-orang membeli bakso di tampat Pak Karim.
3) Penggunaan makna kesalingan secara berganda
(resiprokal)
(8) Pak Karim dan anaknya saling
bantu- membantu.
Kesalahan pada kalimat (8)
adalah penggunaan bentuk bahasa yang mengandung arti bebalasan. Bentuk ini dihasilkan
dengan menggunakan kata saling dengan kata ulang beribuhan. Akan tetapi,
jika ada bentuk yang berarti ‘berbalasan’ itu dengan cara pengulangan
kata sekaligus dengan pengunaan kata saling sehingga
terjadi bentuk resiproka, seperti disebutkan pada kalimat (8). Jadi, kalimat
tersebut baru benar bila diubah, seperti berikut.
(8a) Pak Karim dan anaknya saling mambantu.
(8b) Pak Karim dan anaknya bantu-mambantu.
(8b) Pak Karim dan anaknya bantu-mambantu.
Selain itu, penggunaan kata katakan pada
kalimat (9) dan jam pada kalimat (10) berikut
ini juga tidak tepat.
(9) Hal yang pertama ia katakan adalah
berbasa-basi.
(10) Bapak buka warung pada pukul 09.00 dan bapak
tutup jam 19.00
malam.
Seharusnya, kata tersebut ‘katakan’ diganti
dengan kata ‘lakukan’. Kata jam yang
berarti menujukkan rentang waktu atau benda dan pada kalimat
(10), seharusnya juga diganti dengan kata pukul yang berartimenujukkan
waktu. Jadi, perbaikan terhadap kalimat-kalimat tersebut adalah
sebagai berikut.
(9a) Hal yang
pertama ia lakukan adalah berbasa-basi.
(10a) Bapak buka warung mulai
pukul 09.00 sampai pukul 19.00.
Berdasarkan data penelitian
dan sampel kesalahan tersebut, kemampun mereka menggunakan ketepatan pilihan
kata, seperti membedakan secara cermat denotasi dari konotasi, membedakan
dengan cermat kata-kata yang hampir bersinonmi, dan membedakan kata
umum dan kata khusus masih kurang. Padahal, ketepatan pilihan kata (diksi)
menentukan kesanggupan sebuah kata untuk menimbulkan gagasan-gagasan yang
tepat.
3.3.3.3 Kemampuan Menggunakan Kalimat Efektif
Sama halnya dengan kemampuan menggunakan ejaan dan
diksi, kemampuan menggunakan kalimat efektif juga merupakan salah satu aspek
penilaian dari segi penggunaan bahasa dalam karangan siswa. Skor maksimal yang
diperoleh mereka pada aspek ini adalah 7 dan skor minimal 2. Adapun nilai
rata-rata kemampuan menggunakan kalimat efektif adalah sebagai berikut.
Skor rata-ratanya adalah 3,79
dan dibulatkan menjadi 4. Skor ini terlihat belum memenuhi harapan karena skor
maksimal yang diharapkan pada aspek ini adalah 10. Untuk mengetahui
skor atau nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan
Seunagan Kabupaten Nagan Raya tentang kemampuan menggunakan kalimat
efektif termasuk dalam kategori mana, nilai rata-rata tersebut diklasifikasikan
berdasarkan klasifikasi nilai Depdiknas. Oleh karena itu, nilai rata-rata (4)
dibagikan dengan skor maksimal (10) lalu dikalikan dengan seratus (100). Jadi,
nilai rata-rata tersebut adalah 40.
Berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas, skor 40 termasuk dalam ketegori kurang. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa kemampuan mereka dalam menggunakan kalimat efektif tergolong
dalam kategori kurang.
Kalimat-kalimat yang dibuat siswa umunya merupakan
kalimat tidak efektif. Kalimat tersebut tidak memenuhi syarat-syarat kalimat
efektif seperti unsur-unsur kalimat tidak jelas, bagian-bagian kalimat tidak
sejajar, bagian kalimat banyak yang dipenggal, bagian-bagian yang sama sering
digunakan, dan sebagian kalimat tidak disusun menurut kaidah bahasa tersebut.
Adapun kesalahan-kesalahan yang sering dilakukakan berupa ketidaklengkapan
fungsi kalimat yang meliputi tidak adanya subjek, predikat yang tidak jelas,
kalimat berbelit-belit, pemengalan kalimat, penghilangan konjungsi, dan
penggunaan dua konjungsi dalam kalimat majemuk bertingkat. Karena hal
tersebut, kalimat-kalimat yang ditata mereka mengandung lebih dari satu
kesatuan informasi atau tidak lengkapnya informasi. Oleh karena itu, kalimat
yang ditata mereka sering menimbulkan kerancuan dan ketidaktepatan
makna. Berikut ini adalah sampel ketidakefektifan
kalimat tersebut beserta perbaikannya.
1) Pemisahan bagian kalimat majemuk
(1) Waktu itu Bapak
tidak memiliki pekerjaan. Karena pabrik tempat
Bapak
bekerja
bangkrut.
(2) Mereka tetap sekolah. Walaupun Bapak harus
bekerja keras.
Kalimat di atas salah kerena unsur
ketarangan pada kalimat tersebut yang ditandai dengan katakarena dan walaupun dipisah
menjadi bagian tersendiri. Dengan kata lain, kalimat tersebut dipenggal.
Kalimat yang dipenggal itu masih mempuyai hubungan gantung dengan Kalimat
lainya. Kalimat yang memepunyai hubungan gantung itu disebut anak kalimat,
sedangkan kalimat yang digantunginya disebut induk kalimat. Jika kalimat tungga
diawali kata penghubung, bagian kalimat itu akan menjadi anak kalimat yang
tidak memiliki induk kalimat. Kalimat tersebut menjadi benar apabila
unsur keterangan itu tidak berdiri sendiri karena bukan merupakan kalimat baru.
(1a) Waktu itu Bapak tidak memiliki pekerjaan karena
pabrik tempat Bapak
bekerja
bangkrut.
(1b) Karena pabrik tempat Bapak bekerja bangkrut, waktu
itu Bapak tidak
memiliki
pekerjaan.
(2a) Mereka tetap sekolah walaupun Bapak harus
bekerja keras.
(2a) Walaupun Bapak harus bekerja keras,
mereka tetap sekolah.
2) Penghilangan konjungsi
(3) Mendengar jawaban dari Pak Karim,
Adi merasa kasihan kepada Pak
Karim.
(4) Pulang sekolah, mereka membantu
Bapak.
Kalimat di atas salah karena kata
penghubung penanda anak kalimat, seperti ketika, setelah,
dan agar seharusnya dinyatakan secara gamblang di depan anak kalimat .
Jadi, pembenaran kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
(3a) Setelah mendengar jawaban dari Pak Karim, Adi merasa
kasihan kepada
Pak Karim.
(3b) Adi merasa kasihan kepada Pak Karim
setelah mendengar jawabannya.
(4a) Ketika pulang sekolah, mereka membantu Bapak.
(4b) Mereka membantu Bapak ketika pulang sekolah.
3) Unsur kalimat tidak jelas
(5) Yang kedua yang namanya Nina yang sekolah di SD kelas
3.
(6) Bapak yang
menjual bakso itu.
(7) Anak bapak
itu yang pertama yang bernama Rudi yang duduk di kelas 1 SMP
dan anak yang kedua baru duduk di kelas 3 SD.
(8) Pak Karim akan mengolah bakso dengan
istrinnya.
Unsur kalimat di atas tidak
jelas Kalimat (5) tidak ada subjek dan predikat. Padahal kedua unsur
tersebut wajib hadir dalam sebuah kalimat . Kalimat (6) merupakan
kalimat yang belum berpredikat.
Kalimat (7) merupakan kalimat yang
belum berpredikat juga. Hal ini terjadi akibat adanya keterangan subjek yang
beruntun, kemudian keterangan itu diberi keterangan lagi sehingga penulisnya
lupa kalau kalimat yang ia buat itu belum lengkap, belum berpredikat, misalnya
sebelum predikat tersebut dicantumkan kata yangatau dan sehingga
kalimat predikat menjadi hilang. Jadi, penghilangan kata yang pada
kalimat (7) dapat menghasilkan kalimat yang benar atau kalimat yang mengandung
subjek dan predikat. Subjek kalimat ini adalah anak Bapak itu pertama,
predikatnya bernama, Rudi pelengkap, dan yang
duduk di kelas 1 SMP dan anaknya yang kedua baru duduk di kelas 3 SD merupakan
pewatas pelengkap. Jadi, perbaikan kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
Kalimat (8) tidak
memiliki predikat karena didahului kata preposisi akan.
Fungsi predikat kabur bila diadahului preposisi. Seharusnya preposisi tersebut
(akan) tidak dinggunakan. Jadi, alternatif perbaikan kalimat tersebut adalah
sebagai berikut.
(5a) Anak
kedua bernama Nina yang sekolah di kelas III SD.
(5b) Nina yang sekolah di kelas III SD merupakan anak
kedua.
(6a) Bapak penjual bakso itu.
(7a) Anak Bapak itu bernama Rudi yang duduk di kelas 1
SMP dan anak
yang kedua baru
duduk di kelas III SD.
(8a)
Pak Karim mengolah bakso dengan isterinya.
(8a) Bakso
itu diolah oleh Pak Karim dan istrinya.
4) Penggunaan dua konjungsi dalam kalimat
majemuk bertingkat
(9) Meskipun Pak Karim
berkeinginan anaknya sukses tetapi itu
tidak
dengan mudah
membiayai pendidikan mereka.
Penggunaan pasangan kata pada
kalimat (9) meskipun...tetapi... pada kalimat tersebut
akan menimbulkan kerancuan pikiran. Kata meskipun menyatakan
‘alahan’, sedangkan kata tetapimenyatakan ‘perlawanan’.
Penggabungan kedua kata penghubung itu dalam satu kalimat tentulah menimbulkan
hubungan pikiran yang tidak logis. Perbaikan kalimat tersebut adalah sebagai
berikut.
(9a) Pak Karim berkeinginan anaknya
sukses tetapi itu tidak
mudah
membiayai pendidikan mereka.
(9b) Meskipun Pak Karim berkeinginan anaknya sukses, itu tidak
(9b) Meskipun Pak Karim berkeinginan anaknya sukses, itu tidak
mudah membiayai
pendidikan mereka.
4) Kaidah penalara
(10) Karena pabrik bapak
mulai bangkrut bapak-bapak susah mendapatkan
pekerjaan.
Kalimat di atas tidak baku. Kesalahan
pertama, penghubung kalimat tersebut seharusnya digunakan tanda koma (,) untuk
memisahkan anak kalimat dengan induk kalimat yang didahului anak kalimat.
Kesalahan kedua, kata karena seharusnya diganti dengan setelah.
Selain itu, kalimat tersebut juga tidak bernalar. Hal ini terjadi karena
pengulangan kata Bapak-bapak. Mustahil Bapak-bapak susah
mendapatkan pekerjan karena pabrik Pak Karim bangkrut. Jadi, alternatif perbaikan kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
(10a) Setelah pabrik Bapak mulai bangkrut, Bapak susah
mendapatkan
pekerjaan.
(10a) Bapak susah mendapatkan pekerjaan setelah pabrik
Bapak bangkrut.
(5) Kalimat berbelit-belit
(11) Pak Karim berenjual bakso dengan
istri dan juga dua orang anaknya, kedua anaknya itu sudah sekolah, yang satu
bersekolah di SMP yang kedua sekolah di SD.
Karena beberapa gagasan yang
disampaikan digabungkan menjadi satu kalimat, kalimat di atas sukar dipahami.
Padahal, jika dipilah-pilah menjadi bagian- bagian yang sejalan dengan pokok
pikiran yang dikemukakan, kalimat tersebut mudah dipahami. Jadi,
perbaiakan terhadap kalimat tersebut adalah sebagai berikut.
(11a) Pak Karim berenjual bakso dengan
istri dan juga dua orang anaknya. Kedua anaknya itu sudah sekolah.
Anak yang pertama sekolah di SMP dan anak kedua sekolah di SD.
3.3.3.4 Kemampuan Menyusun Paragraf
Selain kemampuan menggunakan ejaan, diksi, dan
kalimat efektif, kemampuan menyusun paragraf juga merupakan salah satu
bagian dari penilaian pada aspek kebahasaan. Adapun skor untuk aspek ini adalah
10. Skor maksimal yang diperoleh mereka adalah 5 dan skor minimal 2.
Berdasarkan tabel 7, nilai rata-rata kemampuan siswa kelas I SMPN 1 Kecamatan
Seunagan Kabupaten Nagan Raya pada aspek ini adalah sebagai berikut.
Skor rata-rata pada aspek ini
adalah 3,16 dan dibulatkan menjadi 3. Skor ini terlihat belum memenuhi harapan
karena skor maksimal yang diharapkan pada aspek ini adalah 10. Untuk
mengetahui skor atau nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas I SMPN 1
Kecamatan Seunagan Kabupaten Nagan Raya tentang kemampuan menyusun
paragraf termasuk dalam kategori mana, nilai rata-rata tersebut
diklasifikasian berdasarkan klasifikasi nilai Depdiknas. Oleh karena itu, nilai
rata-rata ini (3) dibagikan dengan skor maksimalnya (10) lalu
dikalikan dengan seratus (100). Jadi, nilai rata-rata tersebut adalah 30.
Berdasarkan klasifikasi nilai
Depdiknas, skor 30 termasuk dalam ketegori sangat kurang. Dengan demikian,
dapat disimpulkan bahwa kemampuan mereka dalam menyusun paragraf tergolong
dalam kategori sangat kurang.
Bardasarkan uraian di atas,
nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada aspek penggunaan paragaraf merupakan
nilai terendah. Kesalahan yang sering terjadi adalah tidak adanya kesatuan
gagasan dalam paragraf tersebut. Selain itu, ada pula karangan siswa yang
terdiri lebih dari satu paragraf, tetapi paragraf tersebut belum belum memenuhi
sayarat-sayarat paragraf yang baik. Dengan kata lain, paragraf itu belum ada
kesatuan atau keutuhan gagasan, kepaduan susunan (koherensi), dan kelengkapan
atau ketuntasan gagasan. Adapun contoh kesalahan penggunaan paragraf adalah
sebagai berikut.
Contoh 1
(1) Pak Karim harus membuka
usaha nya lebih besar lagi, untuk mebiayai pendidikan anaknya . (2) Adi memberi
saran ” Bapak tidak usah kuatir , sekarang bantuan untuk pendidikan kita banyak
sekali .(3) Mereka yang pinter akan diberikan beasiswa , malah ada yang
disekolahkan keluar Negeri . (4) Kadang ** pembeli pak Karim cukup banyak ,
itulah yang menjadi suka dan kadang ** pak karim merasa kesepian , itulah
dukanya . (5) Baiklah terimakasih pak , ya , nak .
Contoh (2)
(1) Pak karim sekarang tidak
kuatir lagi. (2) Sebabnya bantuan untuk pendidikan sekarang sudah meningkat dan
sering diberi beasiswa, bahkan ada juga dikirimkan ke luar negeri. (3) Sukanya
Pak Karim jika pembeli ramai.
Contoh 3
Pada suatu hari ada seorang
bakso yang sedang di wawan cari oleh seorang para kariawan. Dia bertanya kepada
bapak itu. Bertanya apa !
Parangraf (1) di atas tidak
memiliki kesatuan gagasan. Paragraf tersebut terdapat bukan satu gagasa utama,
melainkan empat gagasa utama atau topik. Topik tersebut meliputi (1) ”Pak
Karim harus membuka usahanya yang lebih besar lagi”, kalimat (2) dan (3)
membicarakan saran si Adi untuk Pak Karim”, kalimat (4) membicarkan
tentang suka dan duka pak Karim.” Selain itu, kalimat (5) Baiklah
terimakasih pak , ya , nak juga merupakan gagasan baru. Gagasan
pragraf ini bisa dikembangkan menjadi beberapa paragraf baru, seperti berikut.
Perbaikan (1a)
Adi memberi saran kepada Pak
Karim. Pak Karim harus membuka usahanya yang lebih besar lagi untuk mebiayai
pendidikan anaknya. Selain itu, dia juga
menyarankan agar Pak Karim tidak usah kuatir dengan biaya pendidikan
sekarang karena biaya untuk pendidikan kita itu sangat banyak.
Sebagian mereka yang pintar disekolahkan keluar negeri.
Perbaikan (1b)
Kadang-kadang pembeli bakso
Pak Karim cukup banyak. Hal itu membuat dia menjadi senang. Sebaliknya, jika
pembelinya sepi, beliau juga ikut sepi. Hal ini sudah biasa beliau alami.
Perbaikan (1c)
Si Adi mewawancarai Pak Karim
hampir satu jam. Akhirnya, dia mengakhiri wawancaranya dengan mengucapkan
terima kasih kapada Pak Karim. Pak Karim pun menjawab ucapan si Adi dengan
senang hati.
Paragraf (2) terdiri atas dua
gagasan utama. Kalimat (1) ”Pak karim sekarang tidak kuatir
lagi.” dan (2)“ Sebabnya bantuan untuk pendidikan
sekarang sudah meningkat dan sering diberi beasiswa, bahkan ada juga dikirimkan
ke luar negeri.” membicarakan saran untuk Pak Karim. Kemudian, kalimat
(3) ”Sukanya Pak Karim jika pembeli ramai.” membicarakan
tentang kesenangan Pak Karim.
Perbaikan (2a)
Pak Karim sekarang tidak usah
kuatir lagi. Bantuan pendidikan kita sudah meningkat atau sering diberi
beasiswa. Sebagian mereka yang pintar disekolahkan ke luar negeri.
Meskipun terdiri lebih dari
satu kalimat, paragraf (3) belum tuntas atau tidak lengkap. Pikiran utama dalam
paragraf tersebut belum dikembangan secara memadai. Paragraf tersebut lebih
bersifat garis besar. Dalam kalimat tersebut belum ada kalimat
penjelas yang memaparkan tentang apa si pewawancara bertanya dan siapa penjual
bakso itu atau pewawancara tersebut.
Perbaikan (3a)
Pada suatu hari, ada seorang
penjual bakso diwawancarai oleh seorang pewawancara. Penjual bakso itu
bernama Adi dan pewawancaranya bernama Pak Karim. Dia bertanya
kepada Bapak itu. Petanyaannya dimulai dengan menanyakan kisah perjalanan
penjual bakso tersebut.
Umunya paragraf yang
dikembangaka siswa tidak memiliki peryaratan sebuah paragraf yang baik, seperti
tidak adanya kesatuan, kohesi atau penyatuan, kecukupan pengembangan, susuan
yang berpola.
Berdasarkan uraian di atas,
jelas bahwa mereka belum mampu mengembangkan karangan narasi berdasarkan teks
wawancara sebagaimana diharapkan. Ketidakmampuan ini terlihat pada aspek
substansi dan aspek kebahasaan. Aspek substasi yang paling dominan terlihat
adalah pada aspek kemampuan menyusun kronologis. Sedangkan aspek
kebahasaan, para siswa umumnya belum mampu menggunakan ejaan secara benar,
menggunakan diksi secara tepat, menata kalimat dengan efektif, dan menyusun
paragraf dengan baik. Pemakaian unsur ejaan, umumnya tanda baca
dalam karangan siswa banyak ditemukan kesalahan. Penggunaan diksi pun masih
kurang tepat. Penggunaan kalimat kebanyakan merupakan kalimat-kalimat yang
tidak efektif. Selain itu, paragraf yang digunakan merupakan paragraf yang
tidak memiliki syarat paragraf yang baik.
Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa ketidakmampuan siswa di SMP ini dalam mengembangkan
karangan narasi berdasarkan teks wawancara terletak pada kedua aspek tersebut.
Pertama adalah aspek substansi, yaitu ketidakmampuan mahami jenis karangan
terutama karangan narasi. Selain itu juga karena ketidakmampuan
mereka menggunakan bahasa Indonesia yang benar sebagai sarana
komunikasi tulis.
Langganan:
Postingan (Atom)
0 komentar: